Liputan Media
17 Juni 2016 | 11:06 wib Home » Liputan Media » Detail

Waspadai 10 Potensi Simpul Kemacetan di Jawa Tengah

image

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Para pemudik yang akan melintas di wilayah Provinsi Jawa Tengah penting mewaspadai sejumlah titik rawan yang berpotensi menjadi simpul kemacetan arus lalulintas. Titik rawan ini, tersebar di sepanjang jalur utama pantai utara (pantura), jalur alternatif tengah srlatan maupun sepanjang jalur lintas selatan Jawa Tengah.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah, Hadi Santoso menjelaskan, salah satu titik rawan kemacetan ini berada di Kabupaten Tegal, tepatnya jembatan kali Pah.

"Karena ada perbaikan jembatan kali Pah, jalur di titik ini rawan menjadi simpul kemacetan, saat arus lalulintas pemudik meningkat," ungkapnya, di Semarang, Rabu (15/6).

Titik kerawanan berikutnya berada di Kabupaten Pekalongan oleh karena adanya pekerjaan penggantian jembatan Sipait. Hingga saat ini, jembatan Sipait (khususnya untuk jalur dari arah Tegal menuju Semarang) masih dalam proses pembangunan.

Untuk memfasilitasi pengguna jalan, di lokasi perbaikan ini ada satu jembatan Bailey yang diperuntukkan bagi arus lalulintas dari arah Tegal menuju Semarang. Karena kendaraan yang melintas di jembatan darurat ini harus melaju pelan, diperkirakan titik ini bakal menjadi pemicu penumpukan kendaraan bermotor.

Hadi menambahkan, titik kemacetan yang patut diwaspadai adalah perbedaan tinggi petmukaan badan jalan di Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal.

"Sedangkan di jalur tengah, potensi simpul kemacetan arus lalu lintas ini berada di wilayah Kecamatan Patean, juga di Kabupaten Kendal," terangnya.

Lebih ke arah timur, potensi macet ada di Kota Semarang, khususnya di jalur pantura seperti wilayah Kaligawe, yang masih terendam rob. Dalam beberapa pekan terakhir, air rob menggenangi jalur utama Kaligawe hingga Kecamatan Genuk. Bahkan ketinggian air rob ini mencapai batas lutut orang dewasa.

Sedangkan lebih ke timur juga ada perbaikan di jalur utama Blora, tepatnya di jembatan Gelandangan, Kabupaten Blora. "Di wilayah tengah, titik kemacetan yang wajib diwaspadai adalah jalur Salatiga – Kedungjati di Kabupaten Semarang, Magelang – Jrakah- Boyolali di wlayah Kabupaten Magelang dan Boyolali," tambahnya.

Sumber: Republika

( Ped )

Baca Lainnya:

UPDATE

02 Februari 2017 | 13:33 wib

Anda Jomblo? Mau Nikah? Silahkan Beli Hantaran Menarik Karya PKS Kota Semarang ini

Semarang, PKS Jateng Online – Bagi Anda yang jomblo dan hendak merencanakan menikah, pasti membutuhkan hantaran pernikahan.…


01 Februari 2017 | 16:40 wib

Habib Syech Do'akan Yaris Untuk Salatiga Hati Beriman

image Salatiga, PKS Jateng Online - Menjaga keteduhan hati masyarakat Kota Salatiga, masyarakat Kalibening Salatiga menggelar…


01 Februari 2017 | 13:48 wib

Ini Pesan KH Kamal Fauzi Untuk Kader PKS Menjelang Pilkada Serentak 2017

image Semarang, PKS Jateng Online - Memasuki tahun 2017, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah…


30 Januari 2017 | 14:55 wib

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Anak Kader Diajak Main Di Luar

image Semarang, PKS jateng Online – Jiwa kepemimpinan harus ditanamkan sejak kecil,  mengingat berarnya beban yang…


30 Januari 2017 | 14:52 wib

Yaris Bersama Mayarakat Salatiga, Jaga Kesehatan Lestarikan Lingkungan

image Salatiga, PKS Jateng Online - Perhelatan akbar rakyat Kota Salatiga yang tinggal menghitung hari, tak dilepas begitu saja…

© 2014 PKS JATENG ONLINE
Jl. Kelud Utara No.46, Petompon, Gajahmungkur, Kota Semarang
Telp. 024-70776373 Fax. 024-8311244 Email: info@pksjateng.or.id